Senin, 25 Juni 2012

Hubungan Mothman dan Thunderbird

Pendahuluan
Tujuan dari postingan saya kali ini adalah untuk menarik perhatian pada kesamaan antara artefak Thunderbird India dengan deskripsi makhluk misterius dan menakutkan yang penampakannya muncul berulang kali pada tahun 1966-1967 yang dijuluki Mothman

Mungkin ini merupakan postingan yang cukup panjang untuk dibaca. Namun jika Anda adalah seorang pencinta Cryptozoologi dan sudah pernah membaca artikel mengenai Mothman, saya sangat menyarankan untuk membaca postingan berikut ini. Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang makhluk misterius ini, tidak perlu khawatir karena saya akan menuliskannya untuk Anda terlebih dahulu.

Deskripsi Mothman
Mothman adalah sebuah nama yang diberikan kepada satu makhluk yang dilaporkan terlihat di Point Pleasant, Virginia Barat antara 12 November 1966 hingga Desember 1967. Banyak saksi menyatakan bahwa Mothman adalah makhluk yang bersayap, tinggi seukuran manusia dan yang paling menonjol adalah kedua matanya yang merah menyala. Terkadang ada beberapa saksi yang mengatakan bahwa makhluk itu tidak memiliki kepala dan matanya berada di dadanya.

Seorang penulis buku yang khusus membahas mengenai Mothman "The Mothman Prophecies" 1975, A. John Keel, mendeskripsikan Mothman berdasarkan laporan pada masa-masa penampakannya sebagai makhluk berbentuk seperti pria, berwarna abu-abu atau cokelat, setinggi lima atau tujuh kaki. Tubuhnya lebih lebar dari pria, dan tampaknya tidak memiliki kepala, melainkan dengan "mata" yang terdapat pada dada bagian atas. "Mata" tersebut sangat besar dan digambarkan pula seperti lampu merah menyala atau tercermin seperti reflektor sepeda. Ketika berjalan, terlihat seperti manusia berkaki, namun tidak tampak adanya kaki. Di bahunya terdapat sayap seperti kelelawar dan saat terbang mengeluarkan suara seperti tikus mencicit, namun kadang pula terdengar seperti wanita menjerit (suara seperti ini adalah umum di antara makhluk anomali, khususnya makhluk Bigfoot). 

Penampakan Mothman
Kesaksian pertama tentang Mothman datang pada tanggal 12 November 1966 dari 5 pria yang sedang berada di perkuburan lokal mempersiapkan sebuah acara penguburan. Ketika mereka sedang bekerja, mereka menyadari adanya satu makhluk yang berbentuk manusia berwarna gelap muncul dari antara pepohonan dan kemudian terbang melewati kepala mereka.

Laporan lain berasal dari dua pasangan suami istri muda dari Point Pleasant bernama David dan Linda Scarberry dan Steve dan Mary Mallete. Suatu malam pada tanggal 15 November 1966, mereka sedang melakukan perjalanan malam dengan mobil milik Scarberry. Mereka melewati sebuah wilayah pabrik-pabrik di Virginia Barat bernama TNT. Nama itu diberikan karena pada masa perang dunia kedua, pabrik itu digunakan sebagai lokasi pembuatan amunisi. Ketika mereka melewati area tersebut, mereka melihat adanya dua mata merah besar di kegelapan malam dekat gerbang pabrik. Mereka menghentikan mobil dan akhirnya menyadari kedua lampu merah tersebut adalah sepasang mata milik satu makhluk aneh. Dalam deskripsinya, mereka mengatakan, "Makhluk itu memiliki tinggi dan bentuk seperti manusia, mungkin tingginya sekitar 1,8 meter dan memiliki sayap yang terlipat di punggungnya."

Dengan ketakutan, mereka segera memacu mobilnya menuju rute 62. Makhluk itu segera bereaksi dengan terbang mengejar mereka. Mereka menyadari bahwa makhluk itu semakin mendekat walaupun mobil dikemudikan dengan kecepatan lebih dari 100 mil/jam. Namun kemudian, makhluk itu menghilang secara misterius.

Menurut Deputi Sherif Millard Halstead yang menerima laporan mereka, "Saya mengenal anak-anak ini seumur hidup mereka, mereka tidak pernah membuat onar. Mereka benar-benar ketakutan malam itu. Saya menanggapi laporan mereka dengan serius." Setelah berita itu menyebar ke penduduk lokal, beberapa pria dengan senjata segera menyisir wilayah TNT untuk mencari tanda-tanda keberadaan makhluk tersebut, namun tidak ada jejak apapun yang ditemukan.

Untuk penjelasan lebih banyak lagi mengenai kesaksian mengenai Mothman, silakan klik di sini.

Foto di bawah ini diambil oleh sepasang suami istri dari Kentucky yang sedang berjalan-jalan bersama anjing mereka. Mereka tinggal di perbatasan antara Ohio dan Kentucky. Ketika mereka sedang memandang jembatan yang menghubungkan dua negara bagian tersebut, suatu objek yang sedang hinggap di ujung jembatan dan kemudian terbang. Mereka mengambil kamera dan segera memotret. Apa benar ini Mothman?




Nah, saya harap penjelasan mengenai Mothman di atas sudah cukup untuk menggambarkan sosok misterius makhluk tersebut. Sekarang saya akan menuliskan mengenai Artifak Thunderbird India. Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungan antara Artefak Thunderbird dengan Mothman. Saya sarankan untuk tetap membaca postingan ini agar Anda memahami maksud saya.

Artifak Thunderbird
Tulisan ini saya ambil dari catatan Daniel V. Boudillion. Pada tanggal 15 Juni 2002, Boudillion mengunjungi Museum Fruitlands di Harvard Massachusetts. Sementara di Museum India, dia melihat sebuah artefak yang memiliki kemiripan mengejutkan dengan deskripsi Mothman. Artefak ini berukuran 10 inci dan terbuat dari lembaran tembaga. Artefak tersebut ditemukan di Amoskeag Falls, Manchester, New Hampshire, dan kemungkinan dibuat di ketel tembaga diperoleh melalui perdagangan dengan Eropa selama Periode Korespondensi awal, sekitar tahun 1550-1630 Masehi. Artefak ini kemudian diberi nama Thunderbird.

Perbedaan utama antara deskripsi Mothman dengan artefak Thunderbird adalah bahwa artefak tersebut dibuat dengan kepala, sedangkan Mothman biasanya digambarkan tidak memiliki kepala. Bentuk tubuh secara umum, tidak termasuk kepala, identik atau sama. Kesamaan yang paling mencolok adalah lokasi penempatan "mata"-nya. Artefak Thunderbird memiliki dua lubang yang ditempatkan pada dada bagian atas, sama seperti deskripsi Mothman. Saat ini, "mata" pada artefak Thunderbird digunakan sebagai lubang tali untuk menegakkan figur di stand museum. Boudillion bertanya kepada Staf Museum apakah lubang tersebut adalah sebuah mata atau lubang untuk mengikat tali, namun mereka tidak tahu. Mereka berpendapat bahwa lubang itu sebagai "mata". Kemudian Boudillion bertanya lagi apakah lubang tersebut bagian dari ciptaan asli atau ditambahkan kemudian sebagai lubang tali, tetapi staf tersebut tidak dapat memberikan informasi tentang ini.

Perbandingan antara Mothman dan Artefak Thunderbird
Loren Coleman, dalam buku terbarunya "Mothman & Encounters", menciptakan sketsa komposit dari Mothman berdasarkan berbagai laporan dan kesaksian saksi mata. Berikut di sebelah kiri bawah adalah sketsa Coleman dan sebelah kanan bawah adalah scan dari Artifak Thunderbird dari buku "The New England India" oleh C. Keith Wilbur

Tentang ThunderBird
Meskipun terkait dengan Dataran India, orang-orang di New England juga mengenal makhluk ini. Namun seperti kebudayaan Amerika Asli di New England, hanya beberapa saja yang masih percaya adanya makhluk bernama Thunderbird. Menurut mereka, Thunderbird adalah makhluk menakutkan dan mirip orang bersayap atau burung besar, menyebabkan ketakutan dan kecemasan, dan dikatakan benar-benar membunuh dan memakan manusia dari waktu ke waktu.

Pmola
Di New England ada makhluk yang dikenal dengan nama Pmola (puh-MOH-lah). "Legenda kami mengatakan ada makhluk yang muncul sebagai makhluk raksasa mirip burung, dengan mata merah menyala dan cakar, yang akan menukik pada hewan yang tidak curiga dan orang-orang dan membawa mereka pergi. . . dan tidak akan terlihat lagi. Rakyat dari Pesisir Timur India dan Woodland juga memiliki kisah yang sama. Nenek-nenek dan ibu-ibu akan mengingatkan anak mereka untuk berperilaku baik, agar Pmola tidak menemukan dan membawa mereka pergi."

Piasa
Jacques Marquette, seorang penjelajah Prancis menceritakan sebuah petroglyph dari Piasa dekat Alton, Illinois pada tahun 1673, "Di wajah datar dari batu tinggi dicat warna merah, hitam, dan hijau. Sepasang monster, masing-masing sebesar anak sapi, dengan tanduk seperti rusa, mata merah, jenggot seperti harimau, dan ekspresi wajah yang sangat menakutkan. Wajahnya seperti manusia, tubuh ditutupi dengan sisik, dan ekor yang panjang mengelilingi tubuh, melewati atas kepalanya dan antara kaki dan ujungnya seperti ekor ikan."

Seorang sarjana bernama McAdams melakukan pengamatan sampai pertengahan tahun 1800-an dan menemukan bahwa Piasa dalam bahasa Illini berarti "Burung yang memakan manusia". Dan memang dalam legenda Illini dikatakan bahwa anak-anak dan orang dewasa akan dibawa dan dimakan.

Tlanuwa
Tlanuwa hampir mirip dengan Piasa. Tlanuwa merupakan burung besar yang tinggal di sebuah gua di tepi utara Sungai  Little Tennessee, Blount, Tennessee. Mereka akan terbang dan menyusuri sungai, bahkan masuk ke desa-desa untuk menangkap anjing dan anak-anak.


Bad8gi
Menurut Koasek Abenaki New England tentang Bad8gi (BAH-dohn-KEE), "Saya sendiri percaya bahwa Thunderbird di daerah timur ini didasarkan pada spesies raptor kuno yang memiliki lebar sayap lebih dari dua puluh kaki. Burung raksasa pemangsa ini merupakan burung anteseden yang sangat penting bagi kebudayaan dan tradisi saat ini. Tradisi lisan kuno antara Algonquin/Abenaki mengatakan bahwa raptor ini mengendarai petir  dan awan petir, berasal dari Selatan, yang membentang dari Meksiko, tepat di atas Pegunungan Appalachia ke New Hampshire, Vermont dan Maine. . ."

Catatan: angka "8" pada nama "Bad8gi" memang disengaja. Angka "8" mewakili bunyi "OOHN" atau รด, ("o" dengan sirkumfleksa).

 Burung-burung Raksasa
Burung terbesar di Amerika Utara adalah Condor California dengan lebar sayap hingga 9 kaki. Burung terbesar yang diketahui saat ini adalah Condor Andean dengan lebar sayap hingga 12 kaki. Tidak seperti Condor Andean, Condor California merupakan burung yang sangat langka dan terancam punah dan hanya memiliki wilayah yang kecil. Tapi baru-baru ini, awal tahun 1800 burung ini masih tampak hidup di wilayah Amerika Timur. Tapi mungkinkah seekor burung Condor Andean bisa terbang ke Amerika Selatan? Dalam hal apapun, Ornithologists mengatakan bahwa kekuatan cakar Condor tidak cukup kuat untuk membawa makanan pada jarak yang jauh. Selain itu, Condor adalah burung pemakan bangkai, bukan burung pemangsa.

Aspek Paranormal
Penampakan burung raksasa seperti ini bisa saja menjadi kasus yang membingungkan dan menjadi kesalahan persepsi bagi orang yang melihatnya. Ada unsur paranormal tertentu untuk banyak kasus penampakan modern. Sebagai contoh, di Illinois, yang merupakan tempat penampakan mengenai laporan adanya makhluk bercahaya. Ciri-ciri penampakan malam, "makhluk itu berwarna keabu-abuan dan bersinar. . . Dia sebesar rumah. Dia (bercahaya) kuning kehijauan dan tampak naik turun." Contoh laporan lain, "Dia bercahaya agak redup," dan, "matanya terbuka lebar dan bersinar seperti bara api." (Alton Illinois, Wilayah Piasa)

Penampakan Mothman di Eropa
Mothman dan kerabatnya tampaknya berada di mana-mana. Berikut ini adalah laporan penampakan makhluk berbentuk seperti manusia bersayap:

  • Swedia, 1946. Selama episode "Hantu Roket", Swedia melaporkan munculnya makhluk besar bersayap tanpa kepala.
  • Kent England, 1963. Empat remaja melihat sosok hitam melintas dihadapan mereka, "Dia sebesar manusia. . . tapi tampaknya tidak memiliki kepala. . . ada sayap besar di punggungnya, seperti sayap kelelawar." (Mervyn Hutchinson)
  • Mawnan Cornwall, 1976. Dua gadis berusia 14 tahun dan 12 tahun melihat "Manusia Burung Hantu" disertai suara mendesis. Sally Chapman, "Dia terlihat seperti burung hantu besar dengan telinga runcing. Matanya berwarna merah dan bersinar. . . dan kakinya seperti penjepit." Barbarra Perry, "Dia mengerikan, seekor burung hantu berwajah buruk rupa dengan telinga besar dan mata merah besar ditutupi dengan bulu abu-abu. Cakar di kakinya berwarna hitam dan dia terbang lurus ke depan."

Perhatikan semua laporan penampakan di Swedia dan Inggris di atas. Mata merah menyala, bulu berwarna abu-abu, dan kemampuan terbang lurus. Semua laporan tersebut merupakan ciri-ciri Mothman Amerika. Bulu abu-abu, kaki terseret, dan mata merah merupakan ciri-ciri dari Mothman dan Thunderbird.

Perbandingan
Ada kemiripan visual yang mengejutkan antara deskripsi Mothman dengan artefak Thunderbird. Hanya satu perbedaannya, yaitu kepala, Thunderbird memiliki kepala, sedangkan Mothman tidak ada. Jika lubang pada gambar Thunderbird yang dimaksudkan sebagai mata, maka penempatan mata tersebut mirip dengan Mothman. Dengan meniadakan bagian kepala, Thunderbird adalah sebuah sosok yang tepat untuk menggambarkan Mothman.

Kemudian perbandingan kedua yaitu Mothman memiliki kesamaan dengan burung raksasa. Pada umumnya Thunderbird mewakili burung raksasa dan Mothman adalah manusia bersayap. Dalam kasus lain, keduanya memiliki mata merah yang sangat besar, cara terbang, dan makhluk yang sama-sama menakutkan. Jika dilihat dari belakang, seekor burung raksasa, seperti Thunderbird, akan tampak menyerupai Mothman. Bahu aneh milik Mothman akan tampak sama dengan sayap burung yang sedang membungkuk. Jadi tidak mengherankan jika penampakan Thunderbird yang sedang bertengger atau berjalan di malam hari disalahgambarkan oleh manusia. Menariknya, baik Mothman maupun Thunderbird tercatat terbang tanpa mengepakkan sayapnya. Meski Mothman selalu melakukannya, tetapi Thunderbird hanya sesekali saja.

Kesimpulan
Sketsa Mothman merupakan gabungan dari lebih 100 laporan saksi dari tahun 1966. Kedua makhluk tersebut (Mothman dan Thunderbird) sebenarnya memiliki bagian yang tampak sama. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah: Benarkah mereka makhluk yang sama?

Mungkinkah sebenarnya  makhluk Mothman tersebut merupakan kesalahan penglihatan oleh para saksi atau memang merupakan Thunderbird yang dipercaya oleh suku-suku Algonquin di dalam legenda? Namun kedua budaya tersebut (Amerika dan Algonquin) memiliki gambaran makhluk yang, jika mengabaikan keberadaan kepalanya, identik.

Suatu saat nanti, mungkin akan muncul bahwa ini adalah kasus korespondensi signifikan antara kemunculan spesies baru dengan anomali makhluk hidup, mengabaikan Mothman dan Thunderbird merupakan makhluk dari aspek paranormal.

Namun aneh rasanya bahwa dua budaya yang dipisahkan selama 400 tahun, 750 mil, dengan budaya berbeda dapat menggambarkan sesosok makhluk secara rinci dengan gambaran yang hampir sama.

Meskipun banyak pertanyaan yang muncul, kita tidak bisa langsung menarik kesimpulan bahwa makhluk semacam Mothman atau Thunderbird merupakan sebuah mitos. Dan hal  ini didukung oleh banyaknya laporan orang-orang di Point Pleasant pada tahun 1966. Jadi, apakah Anda percaya dengan keberadaan makhluk ini?


10 komentar:

  1. Thanks sudah mampir :D

    Saya sudah buka blog Anda, dan itu keren :D
    Keep posting

    QEN

    BalasHapus
  2. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G, agen game online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun kami bayar :)

    BalasHapus
  3. Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di D*E*W*A*P*K agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^^

    BalasHapus
  4. Hallooo sobat Togelers yang hobi tebak angka atau nomor TOGEL atau permainan SBOBET yuk merapat bersama dengan kami bermain di AREATOTO selain togel kami menyediakan games sbobet, ibcbet dan sabung ayam juga lohh.. dengan proses mudah dan nyaman banget bermain bersama kami karna kepuasan member adalah prioritas utama kami. Dengan pelayanan 24jam dari kami dan proses cepat tidak sampai 1 menit kami sungguhkan untuk melayanin anda semua silahkan ya daftar dan bermain pin bb D61F44C2 silahkan..

    BalasHapus
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  6. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  7. Hallo kami bandar online TOGEL dan Games Online dengan freechips setiap hari, dan Togel dengan 4 pasaran resmi ( Sydney, Singapure, Hongkong dan Toto Macau *News* ) dan juga menyediakan 12 games casino online dengan permainan menarik dari kami di Kelinci99 dengan minimal deposit hanya 20rb saja dan minimal withdraw 50rb dengan pelayanan cs kami 24 jam melayanin anda semua dengan proses tercepat dari kami proses tidak sampai 2 menit silahkan bergabung ya pin bb 2B1E7B84

    BalasHapus
  8. Yuk bermain Togel dan 13 games dengan uang asli dan dapatkan bonus freechip 5000 setiap hari nya hanya di kelinci99*casino dengan pasaran SDY, SGP HKG dan TOTO Macau yang ada setiap hari nya kecuali SGP untuk selasa dan jumat libur yach, main dan menang kan uang TUNAI nya dengan proses cepat pelayanan ramah dan nyaman dari kami CS yang 24 jam melayanin anda semua yukk segera daftar dan bermain yach pin : 2B1E7B84

    BalasHapus
  9. Hanya disini semua permainan online bisa di mainkan dengan 1 userid saja loh ad Togel Poker idn play Sbobet Sabung Ayam dan masih banyak games online betting lain nya yang bisa anda mainkan disini dengan modal 20rb sj yukk segera daftar kan diri anda dan bergabung bersama kami hanya di DEWALOTTO*com dengan pelayanan Terbaik dan Terbonafit serta BO yang berpengalaman yuk segera bergabung.. bb 7BF59345

    BalasHapus
  10. Pemain setia Togel dan Games bola SBOBET, IBCBET dan Sabung Ayam yuk bermain disini AREATOTO hanya dengan 1 id bos bos sudah bisa main semua games kami lo dengan pelayanan yang sangat ramah dan sangat mudah dan lagi proses cepat yang kami berikan untuk anda semua jadi tidak usah berlama lama lagi yuk segera daftar dan bermain ya jika kesulitan bisa di bantu dalam pendaftaran ya all tq pin : areatoto ditunggu yach.. ^^

    BalasHapus